Tips Menulis Kreatif Dengan Mind Mapping

Mungkin dari sebagian kita pernah mengalami suatu saat dimana kita bingung mau menulis apa. Ide tiba-tiba menghilang.  Tak tahu harus mulai  menulis dari mana.  Hal ini juga biasa sering saya alami jika ingin menulis sesuatu.  Terlebih saat mau menulis blog.  Nah, maka dari itulah fungsi dan kegunaan Mind Mapping yang akan kita bahas di sini.

Agar otak kita bisa lebih kreatif, maka kita bisa melakukan hal ini.  Mind mapping atau yang biasa di sebut dengan pemetaan pikiran ini bisa di definisikan sebagai metode dalam untuk memaksimalkan potensi pikiran manusia dengan menggunakan otak kiri dan otak kanan secara stimultan.  Gagasan mind mapping pertama kali di temukan oleh Tony Buzan tahun 1974.

Mind mapping sangat berguna di beberapa bidang seperti bidang penulisan, manajemen organisasi, pembelajaran dan pengembangan diri. Teknik yang di gunakan untuk mind mapping ini sebenarnya cukup sederhana namun berdampak cukup efektif untuk mengembangkan ide dan gagasan-gagasan yang  ingin kita kembangkan.

Yang bisa di lakukan pertama kali adalah menentukan tema utama.  Setelah itu bisa dengan menambahkan gambar dan huruf besar agar mudah di ingat.  Setelah itu, tema bisa di bagi lagi menjadi beberapa cabang (minimal tiga) dengan alat bantu pensil yang memiliki beberapa warna agar lebih mudah di ingat otak kita.  Setelah itu, bagian dari hasil cabang-cabang tersebut bisa kita kembangkan lagi menjadi beberapa hal agar kita bisa menemukan lebih banyak ide untuk kita gunakan.

Agar lebih mudah, kita bisa melihat gambar di bawah ini:

Mind Mapping

Mind Mapping via destech.wordpress.com

 

Nah, sekarang kita bisa coba membuat mind mapping sendiri untuk belajar lebih kreatif, bukan?  Saya juga pernah mencoba salah satu program untuk membuat mind mapping agar lebih mudah. Salah satunya adalah Coggle.  Untuk bisa memulainya silahkan kunjungi halaman websitnya di coggle.  Setelah itu, kita bisa mendaftar dan langsung mencoba karena sampai dengan hari ini aplikasi tersebut gratis alias tidak berbayar. Kita bisa belajar membuat mind mapping kita sendiri.   Dan, bagaimana pendapat kamu?

 

Related Post

Author : Sasang P S

Hanya mencoba menuliskan kembali apa saja yang saya lihat, dengar, pikirkan dan rasakan. Beberapa harapan dan impian saya juga saya tulis untuk nantinya saya lihat kembali, untuk tahu bagaimana saya yang sebenarnya dulu dan sekarang.


Comments

comments