Melihat Sentra Industri Pengrajin Genteng Desa Ngranti Kec. Boyolangu Tulungagung

 

Sentra Industri Pengrajin Genting Desa Ngranti Kecamatan Boyolangu Tulungagung Jawa Timur

Sentra Industri Pengrajin Genteng Desa Ngranti Kecamatan Boyolangu Tulungagung Jawa Timur

Jika Anda lewat di jalan raya menuju pantai popoh atau ke industri marmer, maka Anda akan melewati salah satu desa dengan nama Desa Ngranti yang berada di barat jalan.  Desa terletak di sebelah barat dan sebelah utara dari SMPN 1 Boyolangu Tulungagung.  Berjarak sekitar 8 km dari pusat kota Kabupaten Tulungagung membuat daerah ini sangat strategis karena dekat kota Tulungagung.

Nah, di Desa ini terdapat sentra industri pengrajin genting yang tersebar hampir di seluruh desa.  Lokasi yang paling banyak di temui produsen genting bisa kita lewati melalui pertigaan utara SMPN 1 Boyolangu ke barat.  Mulai dari pertigaan hingga ke ujung jalan pasti banyak rumah-rumah dengan deretan genting yang masih dalam proses pembuatan atau bahkan sudah siap di pasarkan.   Tidak hanya di pinggir jalan, bisa kita jumpai pengrajin genteng berada di gang-gang masuk sekalipun.  Di bidang ini, tenaga kerja di perolah dari warga desa Ngranti sendiri.  Cukup banyak tenaga kerja yang terserap dari sektor ini.

Proses pembuatan genteng di sini memang ada beberapa macam jenis.  Ada pengrajin yang sudah menggunakan pencetak genting yang modern dan ada juga pengrajin yang masih menggunakan pencetak genteng yang manual.  Pencetak genteng yang modern menggunakan tekanan melalui putaran besi yang di putar.  Sedangkan proses pencetakan manual menggunakan besi yang nantinya ada orang yang duduk di atasnya sebagai daya penekan.

Bahan baku genteng ini tidak di dapatkan dari daerah ini sendiri melainkan di dapatkan dari desa lain yang masih dalam berupa tanah.  Sebelum di olah, maka tanah tersebut harus di campur dengan air dan di aduk secara merata dengan mesin yang di kenal dengan mesin dompeng.  Proses dompeng ini memerlukan beberapa orang karena relatif cukup berat.  Setelah tanah liat bercampur merata, maka baru tanah liat ini bisa di cetak.

Setelah genteng di cetak, maka genting diletakan di rangka kayu untuk kemudian di keringkan.  Proses pengeringan dengan cara di angin-anginkan lalu di jemur di bawah terik sinar matahari.  Jika sudah hampir kering dalam beberapa hari, maka genting harus di rapikan terlebih dahulu.  Dengan menggunakan pisau, maka pengrajin merapikan tanah liat yang berada di tepi genteng agar lebih rapi.

Tungku Pembakaran Genting di Sentra Industri Pengrajin Genting Desa Ngranti Kecamatan Boyolangu Tulungagung Jawa Timur

Tungku Pembakaran Genteng di Sentra Industri Pengrajin Genting Desa Ngranti Kecamatan Boyolangu Tulungagung Jawa Timur

Setelah di rapikan, maka genting bisa di jemur kembali agar benar-benar kering dalam beberapa hari. Nah, dalam penjemuran seperti ini maka pengrajin masih bergantung pada sinar matahari.  Kalau cuaca sedang mendung, maka penjemuran bisa lebih lama lagi.

Sebelum di pasarkan, proses pembuatan genteng yang terakhir adalah pembakaran. Selama satu malam genting bakar di dalam tungku yang di dalamnya sudah ada genteg yang tertata rapi.  Dengan panjang tungku 3 meter, lebar 3 meter dan tinggi 3 meter sudah bisa membakar ribuan genteng yang akan matang setelah di bakar. Tungku tersebut di buat dari bahan bata dengan tanah liat. Proses ini mirip seperti yang kita jumpai dengan pembakaran batu bata.  Bahan bakar yang di gunakanpun sama, kulit sabut kelapa dan kayu bakar.

Sebagaimana proses produksi lainnya, maka proses pembuatan genteng ini juga tidak luput dari resiko kegagalan.  Genteng yang tidak sesuai standar akan di afkir dan di buang.  Akan tetapi bila genteng yang di afkir sebelum di bakar, maka genting masih bisa di jadikan tanah liat untuk nantinya di olah dan di cetak kembali.

Proses pemasaran dari usaha di sana relatif lebih mudah karena di sana memang sudah menjadi sentra industri yang lebih mudah di temukan oleh konsumen yang membutuhkan.  Selain melayani kebutuhan genteng desa terdekat, banyak juga pengrajin genteng yang mendapatkan pesanan dari luar kota. Tak jarang, pada bulan-bulan tertentu banyak pengrajin yang tidak mampu memenuhi kebutuhan pembeli akibat banyaknya permintaan.(sp)

 

Genting Hasil Produksi Sentra Industri Pengrajin Genting Desa Ngranti Kecamatan Boyolangu Tulungagung Jawa Timur

Genting Hasil Produksi Sentra Industri Pengrajin Genteng Desa Ngranti Kecamatan Boyolangu Tulungagung Jawa Timur

Penulis : Sasang PS

Related Post

Author : Sasang P S

Hanya mencoba menuliskan kembali apa saja yang saya lihat, dengar, pikirkan dan rasakan. Beberapa harapan dan impian saya juga saya tulis untuk nantinya saya lihat kembali, untuk tahu bagaimana saya yang sebenarnya dulu dan sekarang.


Comments

comments