Agar smartphone tidak merusak mata

Fungsi smartphone memang banyak sekali.  Kehadirannya buat kita memang bermanfaat seperti untuk membantu pekerjaan kita, untuk refreshing dan lain sebagainya. Alat komunikasi itu pun juga seakan hampir tidak bisa lepas dari tangan kita.  Bahkan, tidak sedikit lho yang melihatnya sampai sekitar 150 kali per harinya.  Tak ayal, pengguna smartphone semakin hari semakin banyak di dunia ini.  Tapi tahukah kamu bahwa penggunaan smartphone yang salah bisa mengakibatkan mata kita rusak, lho..

Agar smarphone tidak merusak mata

Agar smarphone tidak merusak mata

Kenapa smartphone bisa merusak mata kita?  Sebagaimana di lansir dari optikmelawai.com (10/06/2015, melihat smartphone secara terus menerus bisa bisa mengakibatkan mata kita menjadi lelah, merah, penglihatan menjadi buram, hingga iritasi ringan. Selain itu, penggunaan smartphone yang salah bisa mengkibatkan mata kita menjadi kering karena secara tidak sadar kita tidak memejamkan mata dalam waktu yang lama saat kita mengakses smartphone kita.

Melihat ke tablet atau smartphone memang sering kita lakukan. Baik untuk mengakses email, browsing, atau bahkan untuk menonton video. Dari studi yang telah dilakukan, kelelahan mata dapat terjadi apabila kita melihat layar yang kecil dan dalam durasi yang lama.  Hal ini memang bisa saja terjadi karena orang akan melihat smarphone lebih dekat dari pada saat membaca buku atau korang sehingga mata kita menjadi cepat lelah.  Solusinya, jauhkan lah jarak pandang kita dengan smartphone kira-kira 30 cm hingga 40 cm dan perbesarlah ukuran hurufnya agar bisa membantu mengurangi gejala mata lelah.

Selain itu, para pakar berpendapat bermain game terlalu lama dan dalam jangka waktu yang panjang juga beresiko membuat mata kita menjadi minus atau rabun jauh bagi seseorang. Hal tersebut sama sebagaimana saat kita berada di depan layar komputer.  Selain itu, efek lainnya bisa seperti kelelahan mata, pandangan kabur, hingga sakit kepala yang muncul di saat kita bermain di depan komputer dan lupa untuk istirahat.

Penyebab masalah penglihatan yang di akibatkan oleh video games adalah karena mata yang tidak lagi terfokus pada layar yang datar namun secara terus menerus akan merubah fokus sehingga kelelahan mata akan muncul.  Hal itu di akibatkan karena mata yang cenderung terkunci ke dalam layar yang hal ini dapat membuat mata sulit untuk fokus pada objek lain. Bahkan setelah dalam jangka waktu yang lama setelah selesai bermain video games.

Untuk menngurangi dampak burung dalam penggunaan smartphone, maka kita bisa melakukan `eye excersise`. Caranya adalah dengan menerapkan aturan 20/20 yang artinya meluangkan waktu selama 20 detik untuk melihat 20 meter setiap 20 menit. Hal ini bisa kita lakukan saat mengakses gadget kita.  Selain itu, cara yang terbaik adalah dengan menggunakan gadget dengan cara yang aman sehingga penglihatanmu tetap aman.  Dan kamu pun tetap bisa menggunakannya dengan nyaman.

Bagaimana menurutmu? Silahkan share ke teman-temanmu. Semoga bermanfaat. (sp)

 

Related Post

Author : Sasang P S

Hanya mencoba menuliskan kembali apa saja yang saya lihat, dengar, pikirkan dan rasakan. Beberapa harapan dan impian saya juga saya tulis untuk nantinya saya lihat kembali, untuk tahu bagaimana saya yang sebenarnya dulu dan sekarang.


Comments

comments