Tips Membuat Vlogging Agar Lebih Keren

Pernahkah kamu mendengan kata vlogging atau vlogger? Vlogging atau yang biasa di kenal dengan istilah video blogging memang semakin marak akhir-akhir ini. Selain itu, hadirnya vlogging juga menambah warna dan khasanah dalam dunia blogging.  Penggunaan smartphone yang mempunyai kualitas kamera yang cukup baik mendukung aktivitas membuat video ini. Untuk membuat video agar lebih menarik memang di butuhkan tips-tips khusus.

Seperti yang di kutip dari detik.com, Priskila Eirene selaku salah seorang videografer profesional mengatakan, bahwa vlogging dapat dilakukan oleh siapa saja, sekalipun mereka memiliki blog atau tidak. Nah, agar video yang direkam terlihat lebih menarik dan banyak ditonton orang-orang, berikut lima tips yang bisa dilakukan saat membuat video:

1.Memilih lokasi yang tepat

Pemilihan lokasi yang tepat ini sangat menentukan baik atau tidaknya video yang kita ciptakan.  Usahakan untuk mencari lokasi yang tenang dan tidak bising agar suara yang di hasilkan tidak tercampur oleh suara-suara lain yang tidak kita inginkan.  Kamar yang tenang dan nyamaan bisa menjadi salah satu lokasi yang bisa di pilih oleh vlogger.  Selain itu jangan sampai kita memilih ruangan dengan sedikit barang yang mampu meredam suara. Kamar mandi misalnya, ruangan dengan barang yang minim bisa mengakibatkan suara kita menjadi bergaung.

2. Memilih latar belakang yang bagus

Wanita yang berusia 27 tahun tersebut juga mengatakan bahwa kamar menjadi tempat utama untuk proses perekaman video.  Agar pemirsa tetap fokus ke kita, sebaiknya menghindari barang-barang yang ada di belakang kita dan menggunakan media yang polos seperti dinding kamar.  Atau bila di inginkan sebagai variasi, priskila juga mengatakan bahwa bisa di gunakan kain polos yang berwarna-warni seperti oranye, hijau dan kuning.  Penambahan motif-motif yang lucu juga bisa di gunakan agar tidak tampak terlalu polos.

3. Rekam video secara horisontal

Cara merekam video yang paling tepat adalah merekam secara horisontal.  Wanita yang biasa di sebut dengan kila ini juga mengatakan bahwa mengambil gambar dalam posisi horisontal atau landscape sudah di tentukan dalam dunia perfilman.

4.Gunakan Tripod

Untuk mencegah video goyang saat kita mengambil gambar maka kita bisa menggunakan tripod.  Kelebihan penggunaan tripod ini yaitu kita bisa merekam video kita sendiri tanpa bantuan orang lain. Katanya lagi, tips ini sangat berguna bagi yang merasa kurang nyaman saat ada orang lain di saat proses syuting. Selain itu, gambar yang di hasilkan pun juga terlihat lebih jelas bila menggunakan tripod.

5.  Gunakan voice over

Meskipun banyak blogger yang ingin memulai membuat video, banyak juga yang canggung saat berbicara di depan kamera.  Untuk menyiasatinya, kamu bisa membayangkan seakan kamu berbicara dengan teman saat di depan kamera.  Jika dengan cara tersebut kurang berhasil, maka kamu bisa menggunakan `voice over`.  Caranya, kamu rekam dahulu videonya tanpa suara.  Setelah itu kamu bisa merekam suara tersendiri untuk menjelaskan langkah demi langkah dalam video tersebut.  Untuk mendapatkan suara yang lebih jernih dan bagus kamu menggunakan alat perekam suara yang ada di pasaran. (sp)

Related Post

Author : Sasang P S

Hanya mencoba menuliskan kembali apa saja yang saya lihat, dengar, pikirkan dan rasakan. Beberapa harapan dan impian saya juga saya tulis untuk nantinya saya lihat kembali, untuk tahu bagaimana saya yang sebenarnya dulu dan sekarang.


Comments

comments