Tips Agar Bisa Nulis Lebih Produktif

Hari ini mungkin menjadi hari yang cukup bersejarah bagi saya. Bukan apa-apa. Cuma, saya merasa mencapai apa yang sudah menjadi cita-cita saya selama ini. Saya ingin bisa lebih produktif menulis. Bukan tulisan fiksi yang saya tulis, tapi tulisan non fiksi. Bisa berupa artikel atau tulisan lain yang tidak imajinatif.

Pada saat pagi hari saya sudah bisa menulis satu artikel. Biasa, saat pagi hari saya memang ingin membiasakan diri saya langsung membuka laptop dan mencoba untuk memulai menulis artikel.  Setelah beberapa saat, akhirnya satu tulisan berhasil saya rampungkan meski akhrinya judul saya ganti karena tidak sesuai dengan hasil akhir tulisan saya. Perlu waktu lama untuk menemukan judul yang tepat. Setelah ketemu pun, saya masih memikirkannya saat naik motor dan saat melakukan kegiatan lain. Apa ya judul artikel yang tepat buat tulisan saya itu. Pikir saya waktu itu.   Setelah melalui proses cukup panjang, jadilah tulisan saya yang pertama di hari ini yang bisa Anda lihat di Antara Kesenangan Dan Bisnis Kedai Kopi

Yang kedua, tulisan saya kelar pada saat malam hari. Biasanya, setelah menulis satu artikel pikiran saya ini seperti sudah lelah untuk di ajak menulis untuk yang kedua kali. Akan tetapi tadi malam ini tadi beda. Saya juga barusan sadar dan terus mencari apa perbedaan kemarin-kemarin dengan hari ini. Kenapa hari ini saya bisa lancar menulis artikel yang ke dua tanpa ada halangan sama sekali. Berfikir juga lebih enteng saat menuliskan ide-ide ini.

Dan ternyata, setelah saya perhatikan ada perbedaan mendasar yang terjadi antara hari ini dengan kemarin-kemarin. Kalau kemarin-kemarin, saya lebih fokus untuk menyelesaikan sebuah artikel. Tapi hari ini saya berfikir tema apa yang menjadi tujuan saya dan mencoba mencari ide-ide pengembangannya. Itu saya lakukan saat saya menonton televisi sambil tiduran. Berfikir santai saja sambil mecari ide-ide baru. Dan ternyata berhasil.  Setelah menemukan ide yang tepat beserta pengembangannya, saya langsung menuliskannya. Hasil tulisan saya yang kedua tersebut adalah Tas Murah Untuk Kegiatan Diklat Dan Seminar.

Kesimpulannya, bila kita ingin produktif kita harus mengambil waktu untuk istirahat. Bisa jalan-jalan atau kegiatan lain sejenak. Sambil istirahat, kita bisa berfikir tema apa untuk tulisan berikutnya. Ide-ide pengembangannya bisa di gunakan metode menulis kreatif dengan mind mapping atau meraba-raba saja juga bisa. Asalkan tetap fokus dan tidak melebar kemana-mana. Setelah ketemu, barulah kita bisa ke meja laptop kita kembali dan menuliskan kata demi kata yang ada di pikiran kita. Jangan pernah ragu untuk menuliskan buah pikiran kita. Setelah tulisan kita jadi, barulah kita perlu untuk memeriksa kembali dengan membaca ulang.

Dan ternyata, tidak hanya dua artikel saudara-saudara. Tapi tiga artikel dengan tulisan ini.  Dan perlu Anda ingat,  itu pengalaman dan cara saya. Mungkin Anda memiliki cara lain yang lebih efektif bisa di share disini.  Saya percaya, setiap orang punya tips dan metode yang berbeda-beda.  Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi banyak orang yang ingin lebih produktif dalam menulis.

Related Post

Author : Sasang P S

Hanya mencoba menuliskan kembali apa saja yang saya lihat, dengar, pikirkan dan rasakan. Beberapa harapan dan impian saya juga saya tulis untuk nantinya saya lihat kembali, untuk tahu bagaimana saya yang sebenarnya dulu dan sekarang.


Comments

comments