Mengenal Kabupaten Magetan

Kabupaten Magetan adalah salah satu daerah yang berada di kawasan paling barat dari Propinsi Jawa Timur.  Di sebelah utara, Magetan berbatasan dengan Kabupaten Ngawi. Sedangkan bagian barat berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar.  Untuk bagian timur berbatasan dengan Kabupaten Madiun dan Kota Madiun.  Lalu di bagian selatan, kota ini berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Wonogiri.

Luas kabupaten yang mempunyai moto Memayu Hayuning Bawana Suka Ambangun ini adalah sekitar 688 km persegi.  Dengan total penduduk sekitar 621.000 jiwa, kawasan ini mempunyai kepadatan penduduk yaitu sekitar 901 jiwa per km persegi.  Sebagaimana dengan daerah lain, Kabupaten dengan 19 kecamatan dan 235 kelurahan ini memiliki banyak potensi daerah seperti sentra perkebunan Pamelo (jeruk bali) di Desa Tamanan, lalu ada pula sentra kerajinan kulit, kerajinan anyaman bambu Ringin Agung, Sentra Ayam Panggang Gandu serta ada pula sentra industri batik Sidomukti.  Ke delapan belas kecamatan yang ada yaitu Kecamatan Barat, Kecamatan Bendo, Kecamatan Karangrejo, Kecamatan Karas, Kecamatan Kartoharjo, Kecamatan Kawedanan, Kecamatan Lambeyan, Kecamatan Magetan, Kecamatan Maospati, Kecamatan Ngariboyo, Kecamatan Nguntoronadi, Kecamatan Panekan, Kecamatan Parang, Kecamatan Plaosan, Kecamatan Poncol, Kecamatan Sidorejo, Kecamatan Sukomoro dan yang terakhir adalah Kecamatan Takeran.

Karena letak geografisnya yang berada di kaki gunung lawu, daerah ini memiliki julukan Kota Kaki Gunung. Tidak hanya itu saja, Kabupaten Magetan juga memiliki julukan The Nice Of Java karena memiliki banyak wisata yang indah, hawa yang sejuk serta panorama alam yang memukau. Sebutan ini memang sepertinya layak di berikan karena kota Magetan memiliki banyak tempat-tempat wisata seperti: Gunung Lawu, Telaga Sarangan, Kerajinan gamelan patihan karangrejo, Telaga Wahyu, Puncak Lawu, Air Terjun Pundak Kiwo, Air Terjun Tirtasari, Argo Dumilah, Taman Ria Maospati, Manunggal, Gerbang Kadipaten Purwodadi, Cemorosewu, Mojosemi Camping Ground, Sumber Clelek Driyorejo, Bendungan Gonggang Poncol dan masih banyak lagi yang lainnya.

Wisata Telaga Sarangan Kabupaten Magetan

Wisata Telaga Sarangan Kabupaten Magetan via fotowisata.com

Bagi yang belum pernah ke Kabupaten Magetan sepertinya Anda harus kesana karena di sana ada banyak pilihan pariwisata yang bisa kita jadikan sarana refreshing di sela-sela penatnya pekerjaaan kita sehari-hari. Dan yang paling penting, jangan lupa untuk mempir di Kedai Kopi Refresho di Magetan yang berada di Jl. K. H. Dewantoro, Komplek Griya Asri Selosari Blok A-1 Magetan karena disana Anda akan dimanjakan oleh beragam menu-menu kopi spesial yang mantab.  Tidak hanya varian menu kopi, aneka fresh drink juga bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda.  Bagaimana menurut Anda?  (sp)

 

Related Post

Author : Sasang P S

Hanya mencoba menuliskan kembali apa saja yang saya lihat, dengar, pikirkan dan rasakan. Beberapa harapan dan impian saya juga saya tulis untuk nantinya saya lihat kembali, untuk tahu bagaimana saya yang sebenarnya dulu dan sekarang.


Comments

comments