Manfaatkan Waktumu Dengan Baik

Mungkin tidak hanya saya saja yang merasa bahwa waktu sangat cepat.  Baru kemarin rasanya hari jumat. Eh, sekarang sudah hari jumat lagi. Padahal, belum banyak pekerjaan yang terselesaikan.  Belum banyak tulisan yang di terbitkan.  Padahal, pengennya sih ada banyak hal yang bisa di kerjakan.  Banyak hal ingin bisa bermanfaat buat banyak orang.  Buat sesama.

Terkadang, dalam keseharian kita memang lupa bahwa waktu itu memang cepat berlalu.  Kita tidak mengingat itu.  Akhirnya, kita hanya melewatkan waktu berlalu begitu saja.  Membiarkan detik demi detik, menit hingga jam berlalu tanpa ada sesuatu yang berarti yang sudah kita kerjakan.  Setelah akhir pekan, baru kita tersadar.  Bahwa kita sudah membuang-buang waktu kita secara percuma.

waktu by sasangps

waktu by sasangps

Tidak terasa, anak-anak kecil yang dulu ada di sekitar kita sekarang semua sudah menikah dan mempunyai anak. Orang-orang dewasa yang dulu kita anggap lebih besar pun, sekarang sudah banyak yang menjadi kakek dan nenek.

Setelah usia saya menginjak di angka 30 an. Saya baru menyadari itu.  Jadi lebih sadar.  Terlebih dulu waktu di jaman saya masih muda, sebagian besar waktu saya malah habis buat bermain ke sana kemari.  Menyesal saja mengingatnya.  Tapi, waktu memang tidak bisa di putar kembali.  Jadikan saja pelajaran.  Waktu masih muda, kalian banyak hal yang bisa kalian lakukan.  Bila memulai usaha kecil di usia muda, mungkin dalam lima atau sepuluh tahun kedepan usaha itu akan membesar.  Di usia 40 an, kita sudah bisa menikmati hasil kerja keras kita di usia muda tersebut.

Begitu juga bila kita menyukai dunia tulis menulis.  Bila di usia muda kita sudah mulai menulis, bayangkan saja berapa banyak tulisan yang kita hasilkan.  Meski tidak mungkin tulisan kita akan langsung bagus, akan tetapi dengan lebih cepat dalam memulai menulis akan lebih cepat membuat kita mahir dalam menulis. Apalagi kita konsisten.  Apalagi bila kita menulis di blog.  Seiring bertambahnya usia blog kita akan semakin meningkat reputasinya. Terlebih bila kita menjadikan blog tersebut sebagai toko online.

Saya masih ingat pada saat saya kuliah di tahun 2003 hingga 2006.  Saya baru tersadar sekarang. Kenapa saya dulu tidak memulai menulis pada saat itu. Padahal, kalau saya mulai menulis saat itu tentu saja tulisan saya sekarang sudah menjadi banyak.

Begitupun juga di dunia usaha.  Dalam waktu selama itu, bila di mulai lebih cepat maka kita akan juga lebih cepat belajar. Belajar bagaimana menjadi lebih  kuat. Belajar bagaimana mengenali apa yang menjadi keinginan konsumen kita. Mengubah mindset yang tentu saja tidak bisa dilakukan dalam satu atau dua hari saja.  Yang terpenting, melewati proses-proses yang akhirnya membentuk mental pengusaha yang tangguh. Dan itu tidak bisa dilakukan tanpa konsistensi dan kesabaran.

Tapi yang terjadi, kenapa pada saat itu saya malah membuang waktu saya dengan percuma? Ah, penyesalan memang selalu di belakang. Tidak seperti iklan yamaha yang selalu di depan.  Tapi bukan berarti kita akhirnya jadi berlarut-larut dalam penyesalan.  Biarlah itu menjadi salah satu proses dalam pembentukan diri kita. Yang penting, dengan adanya itu bisa kita jadikan pelajaran. Apalagi buat kalian yang belum terlanjur mengalami semua itu.

Memang, memulai lebih awal tidak menjamin kita menjadi lebih sukses.  Tapi paling tidak, kita menjadi orang yang lebih berusaha dan memanfaatkan waktu yang di berikan Tuhan secara bijaksana.  Sebaik mungkin.  Dan Tuhan tidak pernah tidur, bukan?  (sp)

Related Post

Author : Sasang P S

Hanya mencoba menuliskan kembali apa saja yang saya lihat, dengar, pikirkan dan rasakan. Beberapa harapan dan impian saya juga saya tulis untuk nantinya saya lihat kembali, untuk tahu bagaimana saya yang sebenarnya dulu dan sekarang.


Comments

comments