Mengurangi rokok sulit untuk bisa berhasil

Sebelum saya berhasil berhenti merokok dengan tips ampuh saya untuk berhenti merokok, saya sudah mencoba beragam cara agar saya bisa berhenti merokok. Salah satunya ada yang menyarankan saya dengan cara mengurangi rokok sedikit demi sedikit atau yang bisa saya sebut dengan metode surut. Memang dengan metode surut tersebut sepertinya sedikit logis dan masuk di akal. Cara tersebut bertujuan agar tubuh kita tidak kaget secara tiba-tiba karena terputus langsung dengan nikotin.

Cara yang di sarankan mengurangi porsi rokok setiap hari sampai akhirnya tidak merokok sama sekali. Misalnya, bila setiap hari kita menghabiskan rokok satu pak atau 12 batang perhari. Maka besok kita harus menguranginya menjadi 10 batang per hari. Begitu juga dengan hari berikutnya, menjadi 8 batang dan berkurang terus hingga 1 batang, misalnya.

Metode ini mengharuskan kita mempunyai konsistensi yang sangat kuat setiap harinya. Harus mempunyai semangat terus setiap hari sampai benar-benar berhasil. Apabila tidak mempunyai niat yang kuat, biasanya di hari-hari berikutnya sang perokok lupa dan kembali ke porsi sebelumnya. Padahal, kita harus selalu ingat Pentingnya Niat Untuk Bisa Berhenti Merokok.

Akan tetapi, dulu saya berulangkali gagal mencoba dengan metode tersebut. Tidak sekali atau dua kali, bahkan berkali-kali saya gagal mencobanya. Kelemahan dari metode tersebut adalah keharusan kita mempunyai niat yang terus menerus ada setiap harinya. Paling tidak sampai porsi terakhir yaitu satu batang.

Bila di tengah-tengah perjuangan kita berkurang semangat atau melemah iman kita, kita akan gagal. Porsi rokok yang Anda konsumsi bisa kembali ke porsi semula yaitu satu pak seharinya atau bahkan malah lebih banyak karena mungkin Anda akan balas dendam karena putus asa.

Padahal, menurut pengalaman saya memelihara semangat berhenti merokok inilah cukup susah. Biasanya kita punya niatan yang kuat berhenti merokok hanya bertahan sehari atau dua hari saja. Besoknya, biasanya kita sudah lupa karena aktifitas kita sehari-hari dan hilang niatan kita untuk berhenti merokok. Untuk mengatasi hal ini, kita bisa melatih diri kita dengan cara menyadari betapa efek negatifnya rokok untuk diri kita sendiri.  Terus belajar Memberlakukan Rokok Sebagaimana Mestinya adalah salah satu cara yang efektif agar kita selalu ingat akan niat kita.  (sp)

Related Post

Author : Sasang P S

Hanya mencoba menuliskan kembali apa saja yang saya lihat, dengar, pikirkan dan rasakan. Beberapa harapan dan impian saya juga saya tulis untuk nantinya saya lihat kembali, untuk tahu bagaimana saya yang sebenarnya dulu dan sekarang.


Comments

comments